Other

 

Focus and Scope

AGORA : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Arsitektur Usakti menerima dan memplubikasikan berbagai karya ilmiah arsitektur dalam keluasan spektrum diantaranya sebagai berikut:

  • Perancangan arsitektur
  • Sejarah arsitektur
  • Teori dan kritik arsitektur
  • Sains dan teknologi arsitektur
  • Perumahan dan pemukiman
  • Perancangan kota
  • Etika profesi, dan praktek arsitektur
  • Pendidikan dan komunikasi arsitektur
 

Section Policies

Cover

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Cover- Content

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

AGORA : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Arsitektur Usakti menggunakan sistem pengiriman dan peninjauan online. Pengajuan dan review untuk setiap artikel dikelola menggunakan sistem ini dan berdasarkan pada Kebijakan Peer Review berikut:

  • Dewan Editorial AGORA bertanggung jawab untuk pemilihan makalah dan seleksi reviewer. Setiap artikel jurnal yang masuk akan diinformasikan oleh Editor dalam waktu 1 minggu setelah pengiriman.
  • Artikel jurnal akan ditinjau oleh setidaknya oleh dua reviewer independen. Reviewer tidak akan mengetahui identitas penulis, dan penulis juga tidak mengetahui identitas reviewer (double blind review).
  • Artikel jurnal selanjutnya akan dilakukan dengan proses blind review dalam 3 hingga 4 minggu setelah diterima.
  • Dewan Editorial AGORA akan melindungi kerahasiaan semua materi yang diserahkan ke jurnal dan semua komunikasi dengan reviewer.
 

Open Access Policy

Jurnal ini memberikan akses terbuka untuk umum dengan prinsip membuat penelitian tersedia secara bebas ke publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk menciptakan sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan. More...

 

Article Processing Charges

Setiap artikel yang diserahkan ke Jurnal AGORA tidak akan dipungut 'Biaya Pemrosesan Artikel', hal ini termasuk pada proses mengirimkan, peer-reviewing, mengedit, penerbitan, memelihara dan pengarsipan, dan memungkinkan akses langsung ke versi teks lengkap dari artikel.

 

Plagiarism Check

Dewan Editorial AGORA akan memastikan bahwa setiap artikel yang dipublikasikan tidak akan melebihi 30% dari penilaian kesamaan (plagiarsm). Pengecekan plagiarisme akan dilakukan oleh Dewan Editorial AGORA menggunakan Turnitin® Plagiarism Checker

Link Informasi : https://www.turnitin.com/

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan publikasi jurnal dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau disebarluaskan kepada pihak lain.

 

 

Journal History

Agora: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Arsitektur Usakti pertama kali diterbitkan pada tahun 2000 oleh Jurusan Arsitektur Universitas Trisakti dengan nama AGORA. Pengambilan nama ini terinspirasi dari Ruang terbuka publik pada era Yunani yang dinamakan Agora, di mana berfungsi sebagai ruang publik untuk interaksi sosial dan terdapat bangunan-bangunan publik. Agora secara morfologis menjadi tempat interaksi masyarakat. Merujuk makna dari Agora, maka Jurnal AGORA diharapkan dapat menjadi tempat diskusi, interaksi masyarakat ilmiah dan dinamis menyesuaikan perkembangan jaman.

Jurnal AGORA terbit sebanyak 2 kali dalam 1 tahun, yaitu pada bulan Juli dan Desember. Pada tahun 2009-2012 jurnal sempat vakum dan melanjutkan kembali terbit pada tahun 2013-2015. Kemudian Jurnal AGORA kembali terbit di tahun 2018 dengan perubahan nama menjadi Agora: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Arsitektur Usakti, sesuai dengan nama jurnal yang didaftarkan di ISSN.