The UJI EFISIENSI ENERGI PADA PERANCANGAN FASAD GEDUNG ASEAN SECRETARIAT DI JAKARTA MENGGUNAKAN APLIKASI EDGE

Main Article Content

Muhammad Faiz Rasjid
Mohammad Ischak
Rizki Fitria Madina

Abstract

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan himpunan bangsa bangsa asia tenggara yang memiliki gedung di Jakarta. Dikarenakan gedung ASEAN yang lama sudah tidak dapat menampung kegiatan dari ASEAN, maka dibutuhkannya gedung baru untuk memadai semua aktifitas. Efisiensi energi menjadi salah satu faktor utama yang harus dipenuhi pada gedung baru ASEAN Secretariat. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengujian efisiensi energi pada gedung ASEAN Secretariat ini untuk mengetahui seberapa besar energi pada bangunan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memasukan data data menggunakan aplikasi Edge untuk mengetahui desain fasad dengan persentase efisiensi energi paling baik pada perancangan fasad gedung ASEAN Secretariat.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

] Darmanto, Dedy, dan I Putu Artama Wiguna. “Penilaian Kriteria Green building pada Gedung Rektorat ITS.” Teknik Pomits, 2013.

] Dayantha, Baby Arabella, Heru Sufianto, dan Ary Deddy Putranto. “Studi Implementasi Konsep Green Building pada Gedung Rektorat Universitas Brawijaya.” 2019.

] Guantio, Raisyah Rimaraay, dan Septana Bagus Pribadi. “Pengaruh Fasad Terhadap Penghematan Energi Pada Hige Rise Building Di Kota Jakarta.” IMAJI, 2020: 5.

] Hapsari, Oktavi Elok. “Analisis Penerapan Green Building Pada Bangunan Pendidikan (Studi Kasus : Green School Bali).” Al-Ard, 2018: 54-61.

] Mongan, Aditya Imanuel, Jermias Tjakra, dan Tisano Tj. Arsjad. “Evaluasi Konsep Green Building Pada Gedung Baru Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado.” Sipil Statik, 2019: 1661 - 1668.

] Nabilla, Soraya Rizky, Suzanna Ratih Sari, dan Titien Woro Murtini. “Penerapan Green Building Di Perkantoran Menara Suara Merdeka, Semarang.” Nature, 2018: 124 - 134.

] Pamungkas, Akhmad Rijananto, Taufiq Lilo Adi Sucipto, Eko Supri Murtiono, dan Ahmad Farkhan. “Implementasi Green Building Konservasi Air Rumah Sakit Uns Berdasarkan Sistem Sertifikasi Edge.” Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi (PTM-PTB-PTIK), 2017.

] Putra, Rezza Mahendra, M. Agung Wibowo, dan Syafrudin. “Aplikasi Green Building Berdasarkan Metode Edge.” Wahana Teknik SIpil, 2020: 98 - 111.

] Ratnaningsih, Anik, Akhmad Hasanuddin, dan Richo Hermansa. “Penilaian Kriteria Green Building Pada Pembangunan Gedung IsDB Project Berdasarkan Skala Indeks Menggunakan Greenship Versi 1.2 (Studi Kasus: Gedung Engineering Biotechnology Universitas Jember).” Berkala Sainstek, 2019: 59-66.

] Salsabila, Fajriyani, dan Eddy Prianto. “Aplikasi Dan Evaluasi Dengan Software Edge Pada Gedung Dekanat Baru Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.” Imaji, 2020: 6.

] Syaifuddin, Mohammad, Hernu Suyoso, dan Anik Ratnaningsih. “Penilaian Kriteria Green Building Gedung Auditorium Universitas Jember Tahap Design Recognition Menggunakan Standar Penilaian Greenship Versi 1.2.” REKAYASA SIPIL & LINGKUNGAN, 2020: 120 - 129.

] Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 02 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung Hijau

] Peraturan Pemerintah No. 70 Tahun 2009 tentang Konservasi Energi