Simulasi Perubahan Surface Delay Dalam Mengurangi Getaran Peledakan Di PT Agincourt Resources

Main Article Content

Pantjanita Novi Hartami
Yuga Maulana
Pudjo Laksono
Taat Tri Purwiyono

Abstract

Tambang emas PT. Agincourt Resources (PT. AR) Sumatera Utara, Tapanuli Selatan memiliki dua pit yang sedang produksi yaitu pit Purnama & pit Barani. Dalam proses produksinya dibutuhkan peledakan untuk memberai massa batuan agar batuan dapat digali dan dimuat untuk diolah atau batuan waste dibuang ke disposal. Proses peledakan menghasilkan energi yang digunakan untuk memberai masa batuan tetapi hasil peledakan tersebut menghasilkan energi sisa juga. Getaran peledakan merupakan salah satu energi sisa hasil dari peledakan. Jarak antara front penambangan dengan processing plant berjarak ±50 m beresiko terhadap energi sisa yang dihasilkan dari peledakan. Maka dari itu perlu dilakukan simulasi tingkat getaran hasil peledakan dengan memodifikasi surface delay yang ada di PT. Agincourt Resources menggunakan software shotplus. Hasil dari simulasi tersebut  dibandingkan dengan hasil aktual di lapangan. Hasil perbandingan menunjukan bahwa terjadi penurunan nilai getaran peledakan sebesar 15-31% dari nilai getaran aktual.


 

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ash, R.L. (1990). “Design of Blasting Round, Surface Mining”, B.A. Kennedy Editor, Society for Mining, Metallurgy, and Explotion, Inc.

Bagus. (2018). ‘Analisis Tingkat Getaran Tanah dan Suara Aikbat Peledakan di PT. Agincourt Resources Sumatera Utara’. Universitas Trisakti: Jakarta.

Fadhly, Ferry dkk. (2014). ‘Analisis Ground Vibration Pada Kegiatan Peledakan Dengan Metode Peak Particle Velocity Beserta Pengaruhnya Terhadap Bangunan di PT. Pamapersada Nusantara Tanjung Enim’. Jurnal. Fakultas Teknik. Universitas Negri Padang : Padang.

Pasang, Joris. (2013). ‘Analisis Pengaruh Pola Rangkaian Peledakan Terhadap Tingkat Getaran Tanah Pada PT. CIPTAKRIDATAMA Jobsite PT. MULTI HARAPAN UTAMA, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR’.Fakultas Teknik. Universitas Mulawarman. Samarinda

Most read articles by the same author(s)