Kajian Simulasi Pola Penyalaan Terhadap Getaran Peledakan di PT. Semen Indonesia Tbk.

Main Article Content

Yuga Maulana
Pantjanita Novi Hartami
Oki Fitriyani
Bani Nugroho

Abstract

Kajian kegiatan peledakan dilakukan dengan tujuan untuk mengontrol getaran pada kegiatan peledakan. Suatu kontrol getaran sangat perlu dilakukan untuk menghindari dampak lingkungan berdasarkan pada Keputusan Mentri Lingkungan Hidup No.49 Tahun 1996 dan SNI 7571:2010 sesuai dengan peraturan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan geometri peledakan, berat bahan peledak dan spesifik bahan peledak yang sama dengan peneliti sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini memodifikasi Surface delay dan pola penyalaan di modifikasi dan dikaji ulang kedalam software shotplus lalu dilakukan perbandingan nilai PPV surface delay dan PPV pola Penyalaan yang dilakukan pada penelitian terdahulu. Hasil akhir dari penelitian ini merekomendasi jarak peledakan pada batugamping yaitu 200 m dari lokasi peledakan ke rumah warga, dengan jumlah bahan peledak 70-80 kg setara dengan 4 lubang ledak yang meledak secara bersamaan dengan menghasilkan getaran 1,31 mm/s.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ash, R.L, 1990, “Design of Blasting Round, Surface Mining”, B.A. Kennedy Editor, Society for Mining, Metallurgy, and Explotion Inc,. Colorado. USA

Anonim, 2010. Standar Nasional Indonesia Nomor 7571 tentang Baku Tingkat Getaran Peledakan pada Tambang Terbuka terhadap Bangunan. Badan Standardisasi Nasional (BSN), Jakarta. Download (diuduh) pada juni 2021

Chairin, Ivan. (2021) “Simulasi Pola Penyalaan Dengan Menggunakan Software Shotplus Untuk Mengontrol Getaran Pada PT Semen Indonesia Tbk. Desa Temandang, Kecamatan Merak Urak dan Sumberarum, kecamatan kerek, Tuban, Jawa Timur”

Konya, Walter. 1990.“Surface Blas Design”. Prentice-Hall, Inc

Premonowati. 2005. Biostatigrafi Isotop Koral Formasi Paciran Jawa Timur,Proceedings Pit IAGI 2006 Palembang

Scott, Andrew. 1996. Open Pit Blasting Design. Australia: Queensland University

Sudarmanto, Didik. (2018). “Analisa pengaruh getaran dan suara akibat kegiatan peledakan terhadap bangunan dan manusia di tambang PT Semen Gresik (persero) Tbk. Desa Temandang, Kecamatan Merak Urak dan sumberarum, kecamatan kerek, Tuban, Jawa Timur”.

Most read articles by the same author(s)