PERANCANGAN BOOTH PADA PAMERAN GAIKINDO INDONESIA INTERNATIONAL AUTO SHOW (GIIAS) SEBAGAI BRAND IMAGE PT NISSAN MOTOR INDONESIA

Main Article Content

Calvin Glenaldo
Wegig Murwonugroho
Agung Eko Budi Waspada

Abstract

Abstract


Booth Design At The Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Exhibition As Brand Image PT Nissan Motor Indonesia. PT Nissan Motor Indonesia is the sole dealer of Nissan car brand in Indonesia. In the midst of competition in the current highly competitive automotive exhibition events, especially at the GAKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) exhibition, Nissan had to go head-to-head with its competitors in marketing their product through unique and eye catching booth designs for visitors. The design of PT Nissan Motor Indonesia’s branding aims to provide a solution to Nissan in designing an exhibition booth that is well integrated and appropriate to create a branding characteristic of Nissan that is viscous to the brand image of PT Nissan Motor Indonesia. In addition, the purpose of this design is to provide memorable moments for visitors who come to the exhibition. This design includes observations, interviews, questionnaires, and literature studies to PT Nissan Motor Indonesia. Analysis method used is Design Thinking analysis.


Keywords: Design, Nissan, Exhibition, Brand Image, Memorable Moment, Design Thinking


Abstrak


Perancangan Booth Pada Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Sebagai Brand Image PT Nissan Motor Indonesia. PT Nissan Motor Indonesia merupakan dealer tunggal pemegang merek mobil Nissan di Indonesia. Di tengah persaingan dalam dunia event pameran otomotif yang sangat kompetitif saat ini, khususnya pada pameran GAIKINDO Indonesia Auto Show (GIIAS), membuat Nissan harus berhadapan langsung dengan para kompetitornya dalam memasarkan produknya melalui perancangan desain booth yang unik dan menarik perhatian (eye catching) untuk para pengunjung yang datang. Perancangan strategi branding PT Nissan Motor Indonesia pada pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show bertujuan untuk memberikan sebuah solusi kepada Nissan dalam merancang sebuah desain booth pameran yang terintegrasi dengan baik dan tepat untuk menciptakan karakteristik branding Nissan yang kental terhadap citra merek (brand image) PT Nissan Motor Indonesia.


Selain itu tujuan dilakukannya perancangan ini juga untuk memberikan memorable moment kepada para konsumen yang datang ke pameran. Perancangan ini meliputi observasi, wawancara, kuesioner, hingga studi literatur ke pihak PT Nissan Motor Indonesia. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode analisis Design Thinking.


Kata Kunci: Perancangan, Nissan, Pameran, Citra Merek, Memorable Moment, Desain Thinking.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Daftar Pustaka

Collin, P.H dan Ivanovic A. (2004). Dictionary Of Marketing. Third Edition. Bloomsbury Publishing Plc. United States Of America

Dewi, S. K., Haryanto, E. K., & Yong, S. D. (2017). Identifikasi Penerapan Design Thinking dalam Pembelajaran Perancangan Desain Interior Kantor. Seminar Nasional Seni dan Desain: “Konvergensi Keilmuan Seni Rupa dan Desain Era 4.0”. FBS Unesa.

GAIKINDO. (2020). GAIKINDO: Penjualan Mobil Januari sampai November 2019 Dekati 1 Juta Unit. Dipetik 2021, dari https://www.gaikindo.or.id/gaikindo-penjualan-mobil-januari-sampai-november-2019-dekati-1-juta-unit/

Hartiwi, Prabowo and Lily, Lily (2011) Pengaruh Word Of Mouth Marketing Dan Pameranterhadap Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah. Jurnal Binus Business Review, 02 (01). ISSN 20871228

Indonesia Auto Show. (2019). Siap-siap Lihat Berbagai Kendaraan Keren di GIIAS Medan 2019. Dipetik 2021, dari https://indonesiaautoshow.com/2019/10/08/siap-siap-lihat-berbagai-kendaraan-keren-di-giias-medan-2019/

Irwansyah. (2019, Juli). GIIAS 2019. (Calvin, Pewawancara)

Nugrahani, D. R. (2020). Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran PT Amara Satu Raya. Dipetik Juli

, 2021, dari

http://repository.unair.ac.id/99977/4/4.%20BAB%20I%20PENDAHULUAN%20.pdf

Otomotif Bisnis. (2017, Februari 17). "Brand Image" Jadi Fokus Nissan. Dipetik 2021, dari https://otomotif.bisnis.com/read/20170214/46/628701/brand-image-jadi-fokus-nissan

Siskind. Barry. (2005).Powerful Exhibit Marketing: The Complete Guide to Successful Trade Shows, Conferences, and Consumer. New York: Wiley Publisher

Supartama, I. W., Sugiantara, P., & Suarya, I. M. (2015). GEDUNG PAMERAN OTOMOTIF DI DENPASAR. e-Jurnal Arsitektur Universitas Udayana–Volume (4) Nomor (1) .

Tempo. (2020, Agustus 7). Pabrik Ditutup, PT Nissan Distributor Dikuasai Indomobil Group. Dipetik Juli 2, 2021, dari https://otomotif.tempo.co/read/1373299/pabrik-ditutup-pt-nissan-distributor-dikuasai-indomobil-group

Most read articles by the same author(s)