PEMBERDAYAAN PENGUATAN RINTISAN USAHA BAGI CALON WIRAUSAHA MUDA

Main Article Content

Ellyana Amran
Tulus Tambunan

Abstract

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pada santri mengenai
bagaimana merintis sebuah usaha yang berdaya saing tinggi dan menjadi seorang pengusaha tangguh.
Kegiatan ini diselenggarakan secara daring mengingat situasi pandemi saat ini, namun tidak
mengurangi semangat dan antusiasme para santri terhadap materi yang diberikan. Sesuai tema
kegiatannya, materi yang diberikan pada kegiatan PkM ini adalah kewirausahaan, baik dalam
membangun spirit wirausaha, perencanaan, pengelolaan serta pengawasan dalam upaya meningkatkan
kinerja usaha dan lain sebagainya. Baik peserta maupun Pengasuh Ponpes Madinah Al-Hijrah sangat
mengapresiasi kegiatan ini dan menilai bahwa pembekalan yang diberikan kepada para guru dan santri
sangat bermanfaat untuk melahirkan pengusaha-pengusaha mudah yang tangguh. Waktu nanti yang
akan membuktikan. Dalam hal ini pendidikan kewirausahaan saja tidak cukup, dibutuhkan juga faktorfaktor krusial lainnya terutama akses ke teknologi termasuk teknologi digital, modal, dan informasi;
kemampuan berinovasi; budaya bisnis yang mendukung; dan iklim usaha yang kondusif.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

Ács, Zoltán, J. László, Szerb, Esteban Lafuente, dan Gábor Márkus (2019), “The Global Entrepreneurship Index 2019”, Washington, D.C.: The Global Entrepreneurship and Development Institute,

Agung, W. (2009), “Pengembangan Model Pembelajaran Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang”, Jurnal Ekonomi Bisnis, (2).

Amran, E. dan Parinduri, A. (2021), “Antecedent and Consequent Analysis of Entrepreneurial Orientation in

Students of Faculty of Economics and Business Trisakti University”, LePALISSHE (https://doi.org/ 10.4108/eai.3-8-2021.2315130).

Audretsch, D. B. (2002), “The dynamic role of small firms—Evidence from the US”, Small Business Economics, 18: 13–40

Audretsch, D. B. (2007), The Entrepreneurial Society, Oxford: Oxford University Press.

Audretsch, D. B., O. Falck, S. Heblich, dan A. Lederer (2011), Handbook of Research on Innovation and Entrepreneurship, Cheltenham: Edward Elgar.

Baumol, W., dan Schilling, M. (2008), “Entrepreneurship”, dalam The New Palgrave Dictionary of Economics. Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Butt, Khalid Manzoor dan Sarah Sajid (2018), “Chinese Economy under Mao Zedong and Deng Xiaoping”, Journal of Political Studies, 25(1):169:178.

Carree, M., dan R. Thurik (2008), “The lag structure of the impact of business ownership on economic performance in OECD countries”, Small Business Economics, 30(1): 101–110.

Chen, Z., dan Haynes, K. E. (2015), Chinese Railways in the Era of High Speed. Emerald Group Publishing Limited.

Fritsch, M. (2008), “How does new business formation affect regional development? Introduction to the special issue”, Small Business Economics, 27(2–3): 245–260.

Gallant, M., Majumdar, S., dan Varadarajan, D. (2010), “Outlook of female students towards entrepreneurship: An analysis of a selection of business students in Dubai”, Education, Business and

Society: Contemporary Middle Eastern Issues, 3(3): 218–230 (https://doi.org/10.1108/ 175379810110701).

Geroski, P. A.(1989), “Entry, innovation, and productivity growth”, Review of Economics and Statistics, 71: 572–578.

Ismoyo, Bambang (2021), “Rasio Kewirausahaan Indonesia 3,47 Persen, Masih Kecil dan Setara Vietnam”,

Tribun Bisnis, Kamis, 22 Juli (https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/07/22/rasio-kewirausahaan- indonesia-347- persen-masih-kecil-dan-setara-vietnam).

Harper, David A. (2003), Foundations of Entrepreneurship and Economic Development, Routledge Foundations of the Market Economy, 1st Edition, New York,

Koster, S., A. van Stel, dan M. Folkeringa (2021), “Start-ups as drivers of market mobility: An analysis at the region-sector level for the Netherlands”, Small Business Economics, 39: 575–585.

Kritikos, Alexander S. (2014), “Entrepreneurs and their impact on jobs and economic growth”, IZA World of

Labor, 8:1-10 (https://wol.iza.org/uploads/articles/8/pdfs/entrepreneurs-and-their-impact-on-jobs-

and- economic-growth.pdf).

Lichtenstein, Gregg A. dan Thomas S. Lyons (2010), Investing in Entrepreneurs: A Strategic Approach for Strengthening Your Regional and Community Economy, Praeger, Santa Barbara dan Oxford.

Nastiti, T., Indarti, N., & Rostiani, R. (2010). Minat Berwirausaha Mahasiswa Indonesia Dan Cina. Journal

of Management and Business, 9(2), 187–200. https://doi.org/10.24123/jmb.v9i2.164

Naudé, W. (2011), Entrepreneurship and Economic Development. Studies in Development Economics and Policy, Harvard: Palgrave Macmillan.

Parker, S. (2009), The Economics of Entrepreneurship. Cambridge: Cambridge University Press.

Pitoyo, A. J. (2007), “Dinamika Sektor Informal di Indonesia: Prospek, Perkembangan, dan Kedudukannya dalam Sistem Ekonomi Makro”, Populasi, 18(2) (https://doi.org/10.22146/jp.12081).

Tambunan, Tulus (2022), UMKM di Indonesia. Perkembangan, Kendala dan Tantangan, Jakarta: Prenada Media

Valliere, D., dan R. Peterson (2009), “Entrepreneurship and economic growth: Evidence from emerging and

developed countries”, Entrepreneurship & Regional Development, 21(5–6): 459–480.