TINJAUAN KEMASAN PRODUK UMKM PADA DESTINATION BRANDING KOTA SOLO

Main Article Content

Nidyah Widyamurti
Hermansyah Muttaqin
Jauhari
Sigied Himawan Yudhanto
Arif Ranu Wicaksono
Lalita Gilang

Abstract

Abstract 


MSMEs’ Product Packaging Review on Solo’s Destination Branding. With its designation (Solo.red) as the City of Culture, Solo has a distinct image and its positioning on the Indonesian tourism map, which is very appealing if showcased on the packaging of its souvenir products.  MSMEs' processed food products are souvenirs that tourists find attractive when visiting a tourist destination. Packaging that promotes regional specialties commonly encourages tourists to purchase products. The product packaging can include storytelling about the areas visited, but this strategy is not used for all MSMEs' processed food products. The identification of design elements on the packaging and the literature study on how to package processed food according to government legality for processed food products of SMEs were performed in this study to investigate the implementation of the destination branding concept of Solo as a City of Culture on the packaging of souvenir products. It is expected that packaging labels developed with such a strategy empower MSMEs and support their products to become the spearheads in the tourism sector in Solo City.


 


Keywords: processed food products, packaging, MSMEs, destination branding


 


Abstrak


Tinjauan Kemasan Produk UMKM pada Destination Branding Kota Solo. Dengan penetapan Kota Surakarta (Solo.red) sebagai Kota Budaya, Solo mempunyai citra khas dan positioning tersendiri dalam peta pariwisata Indonesia yang akan sangat menarik apabila ditampilkan dalam kemasan produk oleh-olehnya. Produk makanan olahan UMKM merupakan produk oleh-oleh yang cukup diminati wisatawan saat mengunjungi suatu destinasi wisata. Kemasan yang menampilkan kekhasan daerah seringkali mendorong pembelian produk oleh wisatawan. Kemasan produk bisa menampilkan storytelling atas daerah yang dikunjungi, tapi tidak semua produk makanan olahan UMKM dikemas dengan strategi demikian. Identifikasi atas elemen-elemen desain pada kemasan dan studi literatur tentang cara pengemasan makanan olahan sesuai legalitas pemerintah atas produk makanan olahan UMKM dalam penelitian ini dilakukan untuk melihat implementasi konsep destination branding Kota Solo sebagai Kota Budaya pada kemasan produk oleh-olehnya. Diharapkan, Label kemasan dengan strategi demikian akan membuat UMKM semakin berdaya dan produk mereka mampu menjadi ujung tombak dalam bidang pariwisata di Kota Solo.



Kata kunci: produk makanan olahan, kemasan, UMKM, destination branding

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Referensi

Andy, H. (2021). Pentingnya Destination Branding untuk Pariwisata. Retrieved from https://eticon.co.id/pentingnya-destination-branding-untuk-pariwisata/

APINDO. (2013). Industri Pariwisata Diminta Dukung Perkembangan UMKM. Retrieved from http://apindo.or.id/id/berita/read/industri-pariwisata-diminta-dukung-perkembangan-umkm-

Asri Laksmi Riani, N. W. (2017). Panduan Pendirian Usaha Desain Kemasan (1st ed.). Retrieved from https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1589832602_Buku_Panduan_Pendirian_Usaha_Desain_Kemasan.pdf

BPOM. Peraturan Kepala BPOM RI No. HK.03.1.23.11.11.09605 TAHUN 2011. , (2011).

BPOM. (2018a). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 31 Tahun 2018 Tentang Label Pangan Olahan. In BPOM. Retrieved from https://standarpangan.pom.go.id/dokumen/peraturan/2018/0._PerBPOM_31_Tahun_2018_Label_Pangan_Olahan_31_Jan_2019_Join.pdf

BPOM. (2020). Pedoman Implementasi Peraturan Peraturan Badan POM Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Kemasan Pangan (1st ed.). Retrieved from https://standarpangan.pom.go.id/dokumen/pedoman/Pedoman-Implementasi-Peraturan-Badan-POM-No-20-Tahun-2019-tentang-Kemasan-Pangan.pdf

BPOM, 2018. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 33 Tahun 2018 Tentang Penerapan 2D Barcode dalam Pengawasan Obat dan Makanan Nomor 24 Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. , Nomor 24 Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia § (2018).

BPOM E-Book. (2020). Pedoman Label Pangan Olahan (1st ed.). Retrieved from https://standarpangan.pom.go.id/dokumen/pedoman/Pedoman_Label_Pangan_Olahan.pdf

BrightStars. (2016). Peran Social Media di dalam Strategi Digital Marketing. Retrieved September 30, 2021, from 14 Oktober 2016 website: http://www.brightstars.co.id/blog/peran-social-media-di-dalam-strategi-digital-marketing/

Dimyati, V. (2020). Wishnutama : Penguatan UMKM Penting untuk Pemulihan Pariwisata. Retrieved from 8 Oktober 2020 website: https://www.inews.id/travel/destinasi/wishnutama-penguatan-umkm-penting-untuk-pemulihan-pariwisata

Dinas Koperasi UKM. (2021). Tugas Pokok Fungsi Dinas Koperasi UKM Surakarta. Retrieved from https://dinkop.surakarta.go.id/Tugas-Pokok-Fungsi

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan. (n.d.). Produk Standarisasi. Retrieved from https://standarpangan.pom.go.id/produk-standardisasi/pedoman

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan POM RI. (2019). Pedoman dan Kriteria Plastik Berbahan Polyethylene Terephtalate (PET) Daur Ulang Yang Aman Untuk Kemasan Pangan. Retrieved from https://standarpangan.pom.go.id/dokumen/pedoman/Pedoman-Kriteria-PET-Daur-Ulang.pdf

Drajat, H. (2020). Pemanfaatan Produk UMKM di Sektor Pariwisata. Retrieved from https://venuemagz.com/news/pemanfaatan-produk-umkm-di-sektor-pariwisata/

Ina Primasari, Widodo Muktiyo, D. K. (n.d.). City Branding Solo Sebagai Kota Wisata Budaya Jawa (Studi Deskriptif Kualitatif tentang City Branding Solo sebagai Kota Wisata Budaya Jawa oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo). 1–20. Retrieved from https://www.academia.edu/32454129/CITY_BRANDING_SOLO_SEBAGAI_KOTA_WISATA_BUDAYA_JAWA_Studi_Deskriptif_Kualitatif_tentang_City_branding_Solo_sebagai_kota_wisata_budaya_Jawa_oleh_Dinas_Kebudayaan_dan_Pariwisata_kota_Solo?email_work_card=view-paper

Kuswanti, Y. (2020). Registrasi Pangan Olahan. Webinar Harmonisasi Pengurusan Izin Edar Bagi UMKM Perikanan. Retrieved from https://kkp.go.id/djprl/jaskel/artikel/21321-harmonisasi-pengurusan-izin-edar-bagi-umkm-perikanan-8-juli-2020

Librianty, A. (2021). Produk dan Layanan UMKM Bikin Pengalaman Wisata Jadi Lebih Berkualitas. Retrieved from 24 Maret 2021 website: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4514346/produk-dan-layanan-umkm-bikin-pengalaman-wisata-jadi-lebih-berkualitas

Majelis Ulama Indonesia (MUI) RI. Peraturan Pemerintah RI Nomor 31 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. , 8 § (2019).

Panindias, A. N. (2014). Identitas Visual dalam Destination Branding Kawasan Ngarsopuro. 6(2), 151–163. Retrieved from https://jurnal.isi-ska.ac.id

Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2001 Kota Surakarta. (2001). Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 10 Tahun 2001 Tentang Visi Dan Misi Kota Surakarta. Retrieved from http://jdih.surakarta.go.id/download.php?dt_produk_hukum_id=4708

Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang RIP Kepariwisataan Daerah 2016-2026. , (2018).

Peraturan Pemerintah RI Nomor 69 Tahun 1999. Peraturan Pemerintah RI Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan. , (1999).

Ratnaningtyas, E. M. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kunjungan Wisatawan yang Berdampak pada Pengembangan UMKM Implikasinya pada Penciptaan Lapangan Kerja dan Penerimaan Daerah DKI Jakarta. Ebbank, 10(1), 69–84. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1263245&val=14919&title=Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kunjungan Wisatawan yang Berdampak pada Pengembangan UMKM Implikasinya pada Penciptaan Lapangan Kerja dan Penerimaan

Saghranie Daulay, S. (2011). Hubungan Barcode dengan Produk Industri Sebagai Standar Perdagangan Produk Industri Masa Kini Oleh. Journal of Pragmatics, 43(1), 314–326.

Sartikah, G.Razati, D. H. U. (2018). Peran Media Sosial Dalam Memperkuat Loyalitas Pada Merek. Strategic - Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 18(1), 27–36. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/strategic/article/view/17588

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. , (2008).

Undang Undang RI Nomor 10 Tahun 2009 ttg Kepariwisataan. , (2009).

Widianto, S. (2020). Menparekraf Tekankan Pentingnya Penguatan UMKM dalam Pemulihan Sektor Pariwisata. Retrieved from 9 Oktober 2020 website: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01815643/menparekraf-tekankan-pentingnya-penguatan-umkm-dalam-pemulihan-sektor-pariwisata