PERANCANGAN VIDEO EKSPLANASI MOTION GRAFIS SEJARAH PUPUTAN BADUNG

Main Article Content

Ni Made Dhyanawati Darmawan
Naufan Noordyanto
Didit Prasetyo
Octaviyanti Dwi Wahyurini

Abstract

Abstract 


Nowadays, phenomena arising from the Z generation were born in 1996-2015, can call as Alpha generation become new generations that cannot escape from the visual (Altitude). As a result, learning media by textbooks will drab and hard to delve by. These are also visible in history learning, especially the Puputan Badung war. It is one of the eventful milestones in the history of Puputan in Bali, especially during the royal era. However, historical records describing this war are getting blurry. Therefore, the Puputan Badung historical war was created in the form of a motion graphic as a new media that can convey and educate the history of the Puputan Badung war. It was done by conducting several research methods including literature studies regarding historical events that occurred, in-depth interviews with specialists, experimental studies, and questionnaires that were used to explore feedback from the target audience later. 


Keywords: Explanation Video, Motion graphic, Bali History, Puputan Badung


 


Abstrak


Dewasa ini terdapat fenomena yang timbul akibat generasi Z atau bisa dikatakan generasi Alpha menjadi generasi baru yang tidak bisa luput dari kemajuan teknologi dan visual. Akibatnya, media pembelajaran berupa buku teks akan menjadi hal yang membosankan dan sulit untuk dipelajari. Hal ini juga terlihat pada pembelajaran sejarah. Salah satu sejarah yang penting untuk dipelajari adalah sejarah Perang Puputan Badung yang merupakan salah satu tonggak penting sejarah Puputan di Bali khususnya pada era kerajaan. Walaupun demikian, catatan sejarah yang menjelaskan tentang Perang Puputan ini semakin kabur. Maka daripada itu, perancangan video eksplanasi sejarah Perang Puputan Badung ini dibuat dengan tujuan untuk menambah media baru berupa sebuah motion grafis yang dapat menyampaikan dan mengedukasi sejarah Perang Puputan Badung. Perancangan ini dilakukan dengan beberapa metode penelitian seperti studi literatur mengenai kejadian sejarah yang terjadi, wawancara mendalam dengan ahli, studi eksperimental, dan kuesioner yang kemudian digunakan untuk menggali feedback dari target audience.


Kata kunci: Video eksplanasi, Motion grafis, Sejarah Bali, Puputan Badung

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ardhana, I. (2013, April). Pandangan Lokal Versus Barat Tentang Puputan Badung: Ekspansi Imperialisme Modern Belanda dalam Konteks Bali. Jurnal Kajian Bali, 03(01), 65-86.

Bella Syana, A. (n.d.). Lima Konten Paling DicariPenonton Youtube di Indonesia. Retrieved Mei 24, 2020, from Marketers: https://www.marketeers.com/lima-konten-paling-dicari-penontonyoutube-indonesia/

Creese, H., Putra, D., & Nordholt, H. S. (2012). Seabad Puputan Badung: Perspektif Belanda dan Bali. Denpasar: Pustaka Larasan. Universitas Indonesia.

Dwidienawati, D., & Gandasari, D. (2018). Understanding Indonesia’s Generation Z. pp. 245-252. Retrieved Agustus 3, 2021, from www.sciencepubco.com/index.php/IJET

Krishna, P., Machda, F., & Syukri, J. (2010). Sejarah Motion graphic . History of Motion Design.

Nusa Cendana University. (2021). Animasi 2D dan 3D: Pengertian Animasi. Retrieved Juni 20, 2021, from Course Hero, Inc: https://www.coursehero.com/file/92571241/1-Animasi-2D-dan-3Ddocx/

Pengertian, prinsip-prinsip, dan perbedaan animasi. (n.d.). Repositroy Binus. Retrieved September 26, 2019, from https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/materi1animasi.pdf

Rakhmah W, D. N., & Azizah, S. N. (2020, Juni). Memahami Generasi PascaMilenial: Sebuah Tinjauan Praktik Pembelajaran Siswa. LIPI, 46(03), 49-64. Retrieved Agustus 3, 2021, from jmi.ipsk.lipi.go.id/index.php/jmiipsk/article/view/866/567

Rakhmah, D. N. (2021, Februari 4). Gen Z Dominan, Apa Maknanya BagiPendidikan Kita? Retrieved Agustus 3, 2021, from https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita

Repositroy Dinus. (n.d.). Pengertian, prinsip-prinsip, dan perbedaan animasi. Retrieved September 26, 2019, from http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/materi1animasi.pdf

Shaw, A. (2015). Design for Motion: Motion Design Techniques and Fundamentals. Taylor & Francis Group. Routledge.

Silveira, F. (2021). What is Motion Graphics? Retrieved Juni 20, 2021, from Mowe Studio: https://mowe.studio/what-is-motion-graphics/

Siregar, F. (2017, Mei). Pembuatan media Komunikasi Menggunakan Motion Grafis Untuk Sosialisasi Job Family Pada Bank Indonesia. Jurnal Desain, 04(03), 174-183.

Siswati, & Damayanti, E. (2019). Animasi 2D dan 3D SMK/MAK Kelas XI. (T. Q. Book, Ed.) Malang: PT. Kuantum Buku Sejahtera.

Tesalonica. (2020, September 15). Jumlah Pengguna Unik Youtube di Indonesia capai 93 Juta. (Tek.Id) Retrieved Juni 20, 2021, from Tek.Id: https://www.tek.id/tek/jumlah-pengguna-unik-youtube-di-indonesia-capai-93-juta-b1ZT79iPE

Utaminingtyas, A., Astiningsih, A., & Mayun, I. A. (2012, Oktober). Studi Hubungan Vandalisme Dengan Setting Taman Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar-Bali. E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika, 01(02), 144-153. Retrieved from http://ojs.unud.ac.id/index.php/JAT

Wijaya, N. (2013, April). Puri Kesiman: Saksi Sejarah Kejayaan Kerajaan Badung. Jurnal Kajian Bali, 03(01), 33-64.

Zamjani, I. (2020, Juni). DANCING WITH LEGITIMACY: GLOBALIZATION, EDUCATIONAL. LIPI, 46(04), 93-108. Retrieved from http://jmi.ipsk.lipi.go.id