PERANCANGAN VISUAL BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF TENTANG PENGENALAN GIGI DAN MULUT KEPADA ANAK

Main Article Content

Anis Maysarah Rahmanida
Menul Teguh Riyanti
Indralaksmi

Abstract

Abstract


Visual Design Of Interactive Illustration Book About Teeth and Mouth Introduction For Kids. Dental caries are the most common problem experienced by children aged 3–6 years resulting from the habit of consuming sweet foods or drinks without cleaning their teeth afterwards. Environment and family in middle social status is one of the contributing factors why children aged 3–6 years are not used to cleaning their teeth after eating or drinking sweets. The negligence of some parents who let their children snack carelessly, does not teach the child to get used to brushing his teeth so as to create the nature of the child to be lazy and do not care about the health of the mouth, teeth and cause the child to experience toothache at a young age. Therefore, a learning tool is needed to help, making it easier for parents to introduce learning about teeth and mouth to their child (3–6 years old) in a fun way. The design in this study will begin by doing surveys, interviews and observations in advance about what children aged 3-6 years like so the results can be on target.


Keywords: children's teeth, intreactive books, children's habits.


 


Abstrak


Perancangan Visual Buku Ilustrasi Interaktif Tentang Pengenalan Gigi Dan Mulut Kepada Anak Usia Dini. Karies gigi adalah masalah yang paling sering dialami oleh anak usia 3–6 tahun yang diakibatkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang manis tanpa membersihkan gigi setelahnya. Lingkungan dan keluarga dalam status sosial menengah menjadi salah satu faktor penyebab mengapa anak usia 3–6 tahun tidak terbiasa membersihkan gigi mereka setelah makan atau minum yang manis-manis. Kelalaian sebagian orang tua yang membiarkan anaknya jajan sembarangan, tidak mengajarkan anak untuk membiasakan diri menyikat gigi sehingga menciptakan sifat anak menjadi pemalas dan tidak peduli akan kesehatan mulut, gigi serta menyebabkan anak mengalami sakit gigi di usianya yang masih kecil. Maka dari itu dibutuhkan suatu alat belajar untuk membantu, memudahkan orang tua mengenalkan pembelajaran mengenai gigi dan mulut kepada anak mereka (3–6 tahun) secara menyenangkan. Perancangan dalam penelitian ini akan dimulai dengan melakukan survei, wawancara serta pengamatan terlebih dahulu mengenai apa yang disukai oleh anak-anak usia 3–6 tahun agar hasil yang dicapai dapat sesuai sasaran.


Kata kunci: gigi anak, buku intreaktif, kebiasaan anak

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher. (E-book)

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 194. (Jurnal)

Hanisha, F., Djalari, Y. A., & Hutama, K. (2018). Bahasa Visual, Gambar Anak dan Ilustrasi pada Buku Cergam Anak. Seni & Reka Rancang, Volume 1 No.1, 65. (Jurnal)

Kusnadi. (2018). Dasar Desain Grafis. Tasikmalaya: Edu Publisher. (E-book)

Marsudi, U., & Nanda, J. (2020). Analisa Desain Ilustrasi Buku Cerita Anak Tema Sains Biologi Berjudul "Laskar Bakteri Baik". Narada, Volume 7 No. 2, 173-174. (Jurnal)

Mestika, Z. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Community of Practitioners : Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan, 85. (Jurnal)

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif : Wawancara. Keperawatan Indonesia, Volume 11 No.1, 35. (Jurnal)

Sariningsih, E. (2014). Merawat Gigi Anak Sejak Dini. Jakarta Pusat: Elex Media Komputindo. (E-book)

Setiautami, D. (2011). Eksperimen Tipografi Dalam Visual untuk Anak. (Jurnal)

Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi. (Buku)

Sumber lain

Nurfauziyah (2018). Pengaruh Warna terhadap Psikolog Anak. https://www.kompasiana.com/jreeng/5a8af7b216835f47fd0049c5/pengaruh- warna-terhadap-psikolog-anak. Diakses pada April 2021