REVIEW ANALISA PENGARUH LIMBAH TERAK NIKEL TERHADAP NILAI CALIFORNIA BEARING RATIO PADA TANAH EKSPANSIF

Main Article Content

Vinia Naila Levina
Lisa Oksri Nelfia
Muhammad Zaki

Abstract

Perkembangan industri di Indonesia dapat memberikan dampak positif dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan kehidupan masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja yang luas dan baru untuk masyarakat. Hal ini sejalan dengan jumlah limbah industri yang dihasilkan oleh kegiatan industri yang dilakukan. Dalam mengolah limbah industri dibutuhkan tindakan khusus, banyak limbah industri yang didaur ulang dan digunakan kembali sebagai material konstruksi tidak terkecuali dengan limbah terak nikel. Limbah terak nikel dapat dimanfaatkan sebagai material utama dalam stabilisasi tanah pada lapisan tanah dasar (subgrade) perkerasan jalan. Limbah terak nikel mengandung SiO2, CaO, Al2O3 dan Fe2O3 yang dapat berfungsi sebagai bahan pengikat. Pada penelitian ini dilakukan campuran tanah ekspansif dan terak nikel, tanah ekspansif mengalami perubahan volume pada saat kadar air yang dimilikinya berkurang atau bertambah. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan pada konstruksi jalan. Penambahan terak nikel pada tanah eskpansif dapat meningkatkan nilai CBR dan kepadatan kering maksimum dari tanah aslinya dengan memperhatikan rasio campuran yang tepat sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Huang, D., Chen, S. H., & Mon, H. H. (2013). The preliminary study on Re-utilization of Ferrous-Nickel slag to replace conventional construction material for road construction (Sub-grade layer improvement). Advanced Materials Research, 723,

Susanto, I., Ranastra Irawan, R., & Hamdani, D. (2020). Nickel slag waste utilization for road pavement material as strategy to reduce environmental pollution. E3S Web of Conferences.

Wang, S. (2019). Hydraulic Road Binder (HRB) and Its Use for Subgrade Stabilization in Ontario, Canada.