ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN SOFTWARE FAARFIELD DAN COMFAA PADA PERENCANAAN PERKERASAN LANDAS PACU BANDAR UDARA

Main Article Content

Stefanus Mandef D
Dewi Rintawati
Christina Sari

Abstract

Sudah banyak metode yang dapat digunakan untuk melakukan perencanaan tebal perkerasan
landas pacu pada bandar udara, termasuk program bantu seperti FAARFIELD dan COMFAA yang
dikembangkan oleh FAA (Federal Aviation Administration) guna mempermudah proses
perencanaan dan evaluasi tebal perkerasan di bandar udara. Dengan dua mode komputasi serta
variabel-variabel input yang berbeda antara kedua software, analisis perhitungan dan evaluasi tebal
perkerasan dari kedua program akan menghasilkan nilai yang berbeda. Untuk itu penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari kedua software dalam perhitungan dan evaluasi tebal
perkerasan landas pacu, hubungan antara jenis perkerasan landas pacu dengan program bantu yang
digunakan, serta keefektifan antara kedua program bantu dalam melakukan perhitungan tebal
perkerasan. Metode yang digunakan dalan penelitian berupa studi literatur, dengan mengumpulkan
data berupa referensi penelitian-penelitian terdahulu mengenai perhitungan dan evaluasi tebal
perkerasan landas pacu bandar udara dengan software FAARFIELD dan COMFAA. Data yang
terkumpul dipilih beradasarkan kualitas dan relevansinya terhadap topik penelitian, kemudian
dianalisis dan dirangkum, serta dicari hubungan antara penelitian-penelitian terdahulu. Hasil dari
penelitian ini disimpulkan software FAARFIELD dan COMFAA memiliki pengaruh yang berbeda
dalam perhitungan tebal perkerasan landas pacu bandar udara namun dapat bekerja secara
berkesinambungan, dalam analisis perhitungan ketebalan dengan kedua software terdapat variabelvariabel
yang mempengaruhi baik dari input data maupun mode komputasi dalam kedua program,
serta kedua program ini sama-sama efektif untuk digunakan dalam merencanakan tebal perkerasan
landas pacu di bandar udara, melihat fungsi dari kedua software yang dapat bekerja secara
berkesinambungan

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abrori, M. I., Winiasri, L., & Wulandara, S. N. (2020). Perencanaan Perpanjangan Landasan Pacu Untuk Optimalisasi Pesawat Tipe B737-800 di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. 4(1), 61–72. Bimantoro, M. F., & Juanita, P. (2021).Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Runway, Taxiway dan Apron Pada Yogyakarta International Airport. Dimitri, T., Sukirman, S., & Jaya, P. K. (2016). Desain Tebal Perkerasan Kaku Landas Pacu Menggunakan Metode FAA Dengan Program FAARFIELD dan COMFAA. October, 11–13. E. A. Lukman, R., Setyarini, C., & Suryono, W. (2021). Perencanaan Perkerasan Pelebatan Runway di Bandar Udara Sultan Muhammad Bima. FAA Advisory Circular 150/5320-6D, 165 (2009). Istiar, & Kamilia, S. A. (2021). Analisis Kekuatan Perkerasan Landas Pacu Bandar Udara Juanda Dengan Metode FAA dan Software COMFAA. 19(2), 159. https://doi.org/10.12962/j2579- 891x.v19i2.8684 Kamal, B., Mudianto, A., & Wiranto, P. (2017). Pengaruh Beban Pesawat Boeing737- 900ER Terhadap Tebal Perkerasan Landas Pcu Bandar Udara (Studi Kasus Bandar Udara Mamuju Sulawesi Barat). 1–10. Lewa, M. S., Ariawan, P., & Budiarnaya, P. (2020). Evaluasi Perkerasan Landasan Pacu Pada Bandara Pattimura Dengan Membandingkan Metode FAA dan FAARFIELD Software. 3(2), 1–8. PM 69 Tahun 2013 tentang TatananKebandarudaraan Nasional, 14 (2013). PM 80 Tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, PM 51 Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia 28 (2017). Nababan, A. M., & Prahara, E. (2012). Panjang Runway Menggunakan Metode Faa ; Studi Kasus Bandara Internasional Kuala Namu Sumatera Utara. Nainggolan, J. (2019). Analisis Kekuatan Desain Perkerasan Landas Pacu BandarCOMFAA (Studi Kasus: Bandar Udara Internasional Silangit, Siborong-borong). Nashiruddin, Y., Wasito, B., & Ranatika, P. (2020). Perencanaan Turn Pad Area Dengan Flexible Pavement di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. 21–30. Nuralifa, O., Sideman, I., & Suteja, I. W. (2020). Analisis Tebal Perkerasan Runway Di Bandara Internasional Lombok. 7(2), 126–135. Palino, S. D., & Susilo, B. H. (2021). Analisis Tebal Perkerasan dan Biaya dengan Software FAARFIELD Pada Landas Pacu BIJB Kertajati. 17(April 2021), 14–29. PM 83 Tahun 2017 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 139 tentang Bandar Udara, Nomor 65 Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2004 (2017). Ramadhan, D. (2018). Analisis Struktur Perkerasan Lentur Landas Pacu Menggunakan Program bantu COMFAA, FAARFIELD, dan LEDFAA (Studi Kasus Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya) (Vol. 151, Issue 2). Ramadhani, A. S., Fatimah, S., & Hariyadi, S. (2021). Perencanaan Turning Area Tambahan Dekat Runway 13 Dengan Rigid Pavement Di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani – Semarang. Ramzi, A. Bin, Fatimah, S., & Winiasri, L. (2021). Perencanaan Perpanjangan dan Pelebaran Landas Pacu Untuk Pesawat Tipe Airbus A320 Di Satuan Pelayanan Bandar Udara Ngloram Blora. Rezky, C. N. L. (2016). Analisis Perbandingan Metode Desain Perkerasan Bandara Antara Metode Grafis dan FAARFIELD Studi Kasus Bandara Juanda. 121. Riyanto, F. Z. A., & Rifai, A. I. (2019). Model Desain Perkerasan Dan Pembiayaan Runway Bandar Udara Remote Area Dengan Metoda Cbr Dan Faa. Stima, 2018, 233–240. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/stim a/article/view/268 Sari, C., Winfried, A., & Surachman, L. (2019). Analisis Perkerasan Landas Pacu Bandar Udara Husein Sastranegara, Bandung. Jurnal Infrastruktur, 5(1), 51–57. https://doi.org/10.35814/infrastruktur.v5i1 .618 Sudika, I. G. M., Partama, I. G. E., & Ramadiansyah, A. A. (2021). Perencanaan Peningkatan Daya Dukung Perkerasan Runway Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali. 13(01), 20–26. Sukirman, S. (2016). Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Landas Pacu Bandar Udara Soekarno-Hatta Menggunakan Software FAARFIELD dan COMFAA. October, 913–922. AC 150/5320-6F - Airport Pavement Design and Evaluation, U.S. Department of Transportation Federal Aviation Administration 1 (2016). SKEP/77/VI/2005 tentang Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara, 1 (2005). 374

Most read articles by the same author(s)