Perancangan Model Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard (BSC) pada PT. Vendor Anak Indonesia

Main Article Content

Muhammad Irfan Naufal
Dadan Umar Daihani
Tina G Amran

Abstract

Intisari—PT. Vendor Anak Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 2018, dan bergerak pada bidang jasa on demand procurement seperti konveksi, disain interior, kontraktor, dan sebagainya. Saat ini PT. Vendor Anak Indonesia hanya melihat kinerja nya berdasarkan aspek keuangan Perusahaan juga belurm pernah melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh. Pengukuran hanya dilakukan pada bagian – bagian yang dianggap perlu oleh perusahaan, sehingga tidak menginformasikan upaya – upaya yang harus diambil saat ini dan dimasa yang akan datang untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengukur kinerja perusahaan pada PT. Vendor Anak Indonesia membutuhkan suatu sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan metode Balanced Scorecard (BSC), yang mampu mendapatkan hasil pengukuran kinerja secara keseluruhan berdasarkan aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Pada tahap awal perancangan BSC, dilakukan penjabaran visi, misi, tujuan dan strategi yang dilakukan analisa terhadap faktor internal dan eksternal menggunakan analisa SWOT untuk memperoleh strategi - strategi yang akan menghasilkan tujuan strategis, dan diperoleh 8 tujuan strategis yang akan dimasukkan kedalam 4 perspektif BSC. Setelah itu, menentukan tolok ukur, target dan inisiatif strategi untuk tiap tujuan strategis, lalu pembuatan Peta Strategi untuk menggambarkan keterkaitan antar tujuan strategis. Sebelum melakukan pengukuran kinerja, dilakukan penentuan Skala Penilaian Pembobotan terhadap tujuan strategis yang saling terkait menggunakan metode Pairwise Comparison. Tahap akhir adalah pengukuran kinerja dengan menghitung skor tiap perspektif dan perusahaan secara menyeluruh, dan diperoleh hasil pengukuran kinerja perusahaan pada perspektif finansial dengan bobot 0.25 dan score 5.00 dengan skala penilaian ,pada perspektif pelanggan memiliki bobot 0.25 dengan score 4.73, pada proses bisnis internal memiliki bobot 0.25 dengan score 4.19 dan perspektif pembelajaran pertumbuhan dengan bobot 0.25 dengan score 4.56 dan rata-rata keseluruhan sebesar 4.62 yang tergolong dalam kategori “Sangat Baik” dari skala 4.21 – 5.00 pada penilaian skala Likert.


Abstract—PT. Vendor Anak Indonesia is a company that was founded in 2018, and is engaged in on demand procurement services such as convection, interior design, contactors, and so on. Currently PT. Indonesian Subsidiary Vendors only see their performance based on the Company's financial aspects and have never conducted a comprehensive performance measurement. Measurements are only carried out on parts that are considered necessary by the company, so it does not inform the efforts that must be taken now and in the future to improve company performance. The purpose of this research is to design and measure the company's performance at PT. Indonesian subsidiary vendors need a company performance measurement system with the Balanced Scorecard (BSC) method, which is able to obtain overall performance measurement results based on financial aspects, customers, internal business processes, as well as learning and growth. In the early stages of designing the BSC, the vision, mission, goals and strategies are explained by analyzing internal and external factors using SWOT analysis to obtain strategies that will produce strategic objectives, and 8 strategic objectives are obtained which will be included in 4 BSC perspectives. After that, determine the benchmarks, targets and strategic initiatives for each strategic goal, then create a Strategy Map to describe the interrelationships between strategic goals. Prior to measuring performance, a Weighting Rating Scale is determined for interrelated strategic objectives using the Pairwise Comparison method. The final stage is the measurement of performance by calculating the score of each perspective and the company as a whole, and the results of the measurement of the company's performance on the financial perspective with a weight of 0.25 and a score of 5.00 with a rating scale, on the customer perspective it has a weight of 0.25 with a score of 4.73, on the internal business process it has a weight 0.25 with a score of 4.19 and a growth learning perspective with a weight of 0.25 with a score of 4.56 and an overall average of 4.62 belonging to the "Very Good" category from a scale of 4.21 - 5.00 on a Likert scale assessment.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Irfan Naufal, Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti Jln. Kyai Tapa No. 1 Jakarta 11440

Dadan Umar Daihani, Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti Jln. Kyai Tapa No. 1 Jakarta 11440

Tina G Amran, Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti Jln. Kyai Tapa No. 1 Jakarta 11440

References

Company Profil PT. Vendor Anak Indonesia, Biodata Perusahaan, Jakarta, Indonesia, 2018.

Benardin, H john, dan Joyce E.A. Russel. 1993. Human Resources Management: An Experiental Approach. Singapore: Mc. Graw Hill, Inc.

Anthony, Robert N, dan Vijay Govindarajan. 2004. Management Control System, Eleventh Edition. New York: Mc. Graww Hill.

Yuwono Sony, dkk. 2007. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi, Cetakan ke-5. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer Kinerja Perusahaan, Cetakan ke-1. Salemba Empat: Jakarta.

Johannes. 2009. Balanced Scorecard Konsep dan Implementasi: Sebagai Strategi Perusahaan. Jurnal-manajemen.webs.com/apps/blog/show/4057212-balanced-scorecard-konsep-dan-implementasi-sebagai-strategi-perusahaan- (diakses 26 September 2018)

Kaplan, R. S., dan Norton, D. P. 1996. The Balanced Scorecard: Translating Strategy into Action: Harvard Bussiness Press.

Mulyadi, dan Johmy, Setyawan. (1990). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipat Ganda Kinerja Perusahaan, Edisi ke-1. Yogyakarta: Aditya Media.

Kaplan, R. S., dan Norton, D. P. 2000. Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi.

M. H. Quenouille dan J. A. John. “Paired Comparison Design for 2n-Factorials,” Royal Statistical Society. Series C (Applied Statistics), Vol. 20, pp. 16-24. 1971.